Selasa, 02 November 2010

Pilihan Tepat Untuk Mengisi Udara Pada Ban

Nitrogen..........................

Siapa saja yang menggunakan nitrogen pada ban?
Semua pesawat komersial, NASCAR, Indy, LEMANS, Formula One, US militer, NASA, bahkan Lance Armstrong dan tour de France rider .
Mengapa mereka menggunakan nitrogen?
Karena nitrogen bersifat stabil, kering  dan tidak mudah terbakar. Nitrogen digunakan dalam berbagai aplikasi karena beberapa alasan. Seperti pesawat komersial harus menghindari kelembaban di bannya pada ketinggian 30.000 kaki, tim balap memerlukan gas yang lebih stabil yang lebih mudah untuk kondisi di bawah ekstrim. Bagaimanapun juga  mereka semua telah mengambil keuntungan dari banyak keunggulan ban yang di isi dengan nitrogen.






Kenapa  ban truk atau mobil keluarga masih memakai oksigen?
Mungkin karena pemilik tidak tahu tentang nitrogen dan keunggulan menggunakannya sebagai ganti oksigen serta  belum tersedianya nitrogen di toko-toko ban karena mereka tidak tahu cara memproduksi nitrogen.
Nitrogen ada di sekeliling kita. Udara yang kita hirup memiliki  78% nitrogen,  21 % oksigen dan sisanya adalah gas lain dalam jumlah kecil. Ketika oksigen di isi ke ban akan menjadi jahat. Nitrogen di ban bukan udara biasa sehingga  memaksimalkan pengendalian kendaraan , efisiensi bahan bakar dan umur ban  yang lebih lama melalui tekanan udara ban yang stabil, dan suhu ban tetap dingin saat ban berjalan. 










Apa saja keunggulan nitrogen?
- Menjaga tekanan udara ban lebih baik
- Ban tetap dingin walau sedang berjalan
- Menghilangkan karat pada velg
- Pemakaian bahan bakar menjadi ekonomis
- Menghilangkan prose oksidasi pada ban
- Pengendalian kedaraan lebih baik di jalan  

Bagaimana nitrogen meningkatkan umur ban?
Menjaga tekanan udara ban lebih baik. Karena ukuran molekul nirtogen lebih besar, udara yang keluar dari pori-pori ban 3 sampai 4 kali lebih lambat dari oksigen sehingga menjaga tekanan udara ban lebih lama.
Pada nitrogen di perlukan waktu 6 bulan sampai kehilangan 2 psi di bandingkan dengan oksigen kurang dari 1 bulan. Karena tekanan udara yang stabil dalam ban berarti memaksimalkan pengendalian kendaraan, pemakaian bahan bakar menjadi ekonomis dan meningkatkan umur ban.

Bagaimana nitrogen dapat melakukan hal tersebut ?
Sangat sederhana. Di sini caranya:
- Pengendalian kendaraan. Ketika tekanan udara ban kurang  kendaraan akan terasa berat atau tekanan udara lebih kenyamanan berkurang, kontak ban dengan jalan akan mengalami perubahan. Jagalah tekanan udara pada ban dengan benar untuk memaksimalkan pengendalian kendaraan.
- Pemakain bahan bakar menjadi ekonomis. Tekanan udara yang kurang pada ban menimbulkan rolling resistance yang besar. Dengan nitrogen akan mengurangi rolling resistance tersebut sehingga pemakain bahan bakar akan lebih efisien.
- Umur Ban. Ban anda akan cepat habis pada bagian shoulder jika kekurangan tekanan udara dan cepat habis pada bagian tengah apabila tekanan udara meningkat. Ban yang di isi dengan nitrogen akan tetap dingin di bandingkan dengan angin biasa pada saat di jalankan berarti mengurangi peningkatan tekanan udara pada ban. Menghilangkan oksigen berarti menghilangkan  oksidasi dan pengembunan yang  dapat menimbulkan kerusakan pada inner liners, steel belt dan rim.  Dapatkan keuntungan yang sangat banyak dengan mengisi ban anda memakai nitrogen.
Bolehkah saya mengisi atau mencampur nitrogen dengan udara biasa dalam keadaan darurat?
 Kami menyadari dimana  nitrogen tidak tersedia di setiap tempat atau mungkin anda berhenti untuk mengganti oli dan mereka menambah udara ban anda dengan oksigen.
Untuk keadaan darurat seperti ban kempis, mencampur nitrogen dengan udara biasa tidak bermasalah. Hingga nitrogen pada ban menjadi udara biasa, tapi ini  masih lebih baik daripada tidak ada udara pada ban. Bagaimanapun juga udara biasa yang anda pakai, akan mengurangi keuntungan yang di dapat dari nitrogen yang tersisa pada ban.
Ini adalah pelajaran yang baik untuk selanjutnya agar memeriksa tekanan ban anda secara teratur. Jika Anda menambahkan udara biasa  untuk beberapa alasan, kembali ke dealer ban tempat anda mengisi nitrogen dan ganti dengan nitrogen kembali untuk mendapatkan keuntungan dari nitrogen.


Sumber: http://autopit-carcare.com/

Tidak ada komentar: